Robusta Bitter

Robusta Bitter

Tidak ada komentar

Robusta Bitter


Setelah membahas Liberika yang unik, Mimin sekarang akan menyajikan informasi tentang Robusta yang pahit. Eits! Jangan salah, bahkan jika itu pahit tetapi masih populer dengan banyak orang.
Sering disebutkan dengan nama Latin Coffea Canephora, Robusta memiliki tempatnya sendiri di hati penggemar kopi dengan selera yang pahit namun lezat. Saat ini, ada juga banyak petani yang lebih suka mengembangkan kopi yang kuat karena mudah dan diminati dari industri kopi negara itu. Karena itu, mari kita lebih dalam tentang pahit itu.

1. Asal usul robusta


Tahukah Anda bahwa nama "Robusta" berasal dari kata "kuat" (bahasa Inggris) yang berarti "kuat". Memang, Robusta memiliki rasa dan aroma kopi yang kuat dan cenderung lebih pahit daripada Arabika dan Liberika. Penemuan Robusta oleh seorang ahli botani Belgia di Kongo pada tahun 1898, memicu perkembangan besar -besaran pada abad ke -20 oleh pemerintah kolonial Belanda di Indonesia. Kongo adalah salah satu daerah Afrika yang menghasilkan robusta terbaik. Selain itu, ada beberapa tempat untuk mengetahui Suda, Liberia dan Uganda.

Awal perkembangannya, yaitu polusi tanaman kopi dengan memicu penyakit daun karat atau umumnya dikenal sebagai Hemileia vastatrix. Pada tahun 1979, wabah itu mampu merusak sebagian besar perkebunan kopi di Indonesia. Kemudian dengan cerdas, Belanda menggantikan pabrik kopi yang merupakan awal dari jenis Arabika, dengan jenis kopi baru yaitu Liberika. Tetapi hal yang sama terjadi pada tahun 1890. Kemudian dua tahun kemudian, orang -orang Belanda membawa pabrik kopi Robusta ini dari Brussels, di Belgia. Setelah penelitian, terbukti bahwa kopi Robusta lebih tahan terhadap hama tanaman karat daun. Sampai saat itu, Robusta dapat menggantikan posisi Arabika dan Liberika karena ketahanannya.

Saat ini, Robusta memiliki posisi yang lebih tinggi di Indonesia dibandingkan dengan Arabika dan Liberika. Dikendalikan oleh Robusta, sementara arabica, Liberika dan Excelsa istirahat.

2. Karakteristik dan selera yang kuat

Dari Karanganyar Blitar Coffee Plantation, Java Timur.


Jika Anda telah mengunjungi perkebunan kopi dan Anda memahami tanaman ini, Anda akan memahami apa perbedaan antara Robusta dan jenis tanaman kopi lainnya. Robusta tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian 0 hingga 600 meter di atas permukaan laut. Kafe Robusta tidak lebih besar lebih besar. Oleh karena itu, ini memfasilitasi petani selama panen. Bentuk daunnya adalah oval serta bentuk telur dan memiliki titik tajam, tetapi kadang -kadang daun yang jujur. Kopi Robusta membuahkan hasil sekitar usia 2 hingga 3 tahun. Warna buah muda berwarna hijau ketika akan merah jika dimasak. Jenis tanaman kopi ini tumbuh dengan pH tanah sekitar 5-6 dan tanaman ini juga rentan terhadap kekeringan karena memiliki akar pohon dangkal. Wow! Sangat cocok untuk penanaman di Indonesia yang memiliki berbagai daerah tropis.

3. Cara Membuat Robusta Selain kopi instan


Semua orang suka kopi dengan cara yang berbeda. Tetapi yang paling sering, penikmat kopi akan datang ke kopi agar lebih praktis tanpa harus menyiapkan kopi Anda sendiri. Karena dalam kopi, menu kopi tersedia dengan alat dan mesin yang digunakan untuk membuat minuman lezat ini. Terutama jika orang yang sedang mempersiapkan adalah barista yang andal. Nah, bagaimana dengan kita yang ingin membuat gaya rumah Robusta jika alat yang kita gunakan terbatas?
Berikut adalah dua cara untuk membuat kopi dari robusta pahit yang tidak lebih rendah dari hasil kafe.

1. Robusta ke Pers Prancis


Biasanya, untuk membuat kopi, ia mengambil nama pers. Mudah jika Anda sudah memiliki alat. Tetapi jika Anda tidak memiliki pers Prancis, Anda dapat menggunakan metode ini.

- Pertama -tama, ambil kopi yang kuat yang telah dicerna atau apa yang Anda beli dari pedagang kopi, sesuai selera. Mungkin satu atau dua sendok. Lalu minum.
- Lalu tuangkan air panas, tentu saja, yang direbus dalam segelas kopi. Aduk sampai pembubaran.
- Biarkan berdiri sampai bubuk kopi mulai masuk. Kemudian tuangkan jus kopi ke gelas lain. Jika Anda tidak terlalu menyukai rasa pahit, silakan tambahkan gula sesuai selera. Halo !! Jadilah Robusta Prancis Press dengan gaya rumah. Bukankah demikian ??

2. Kopi dengan susu tanpa pengawet


Kebanyakan orang, seperti menyimpan kopi susu instan di rumah, karena lebih praktis. Tuangkan saja air panas kalau begitu. Namun, jika Anda ingin mengonsumsi kopi yang lebih sehat, Anda dapat menggunakan metode ini.

- Hal yang sama berlaku untuk metode pertama, siapkan kopi Anda sesuai dengan rasanya.
- Tuang sedikit air panas untuk melarutkan kopi. Kemudian tuangkan susu cair yang dipanaskan dalam kopi Anda. Jadilah kopi susu yang sehat tanpa pengawet.

Cukup untuk tiba di sini teman -teman pertama tentang pahit ini, nantikan artikel lain. Salam hangat dari percakapan kopi.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.