Jenis Bunga Anggrek dan 8 Cara Budidaya Anggrek yang Tepat

Jenis Bunga Anggrek dan 8 Cara Budidaya Anggrek yang Tepat

Tidak ada komentar

Jenis Bunga Anggrek dan 8 Cara Budidaya Anggrek yang Tepat 
: Cara menumbuhkan anggrek - rumah akan meningkatkan keindahan dan keindahannya dengan tanaman hias, salah satunya adalah anggrek. Itu dipilih karena keindahan bunga. Namun, seperti pemeliharaan tanaman hias lainnya, penanaman anggrek sulit dan sulit.

Ayo, pelajari lebih lanjut tentang anggrek dan cara menumbuhkan anggrek yang baik di sini!

Kenali anggrek

Suku Angrek-Flibe (Latin: Orchidaceace) adalah suku tanaman bunga dengan sebagian besar jenis. Klasifikasi Ilmiah Anggrek, yaitu Kerajaan: Plantae, Divisi: Magnoliophyta, Kelas: Liliopsida, Orde: Asparagales dan Keluarga: Orchidaceae. Untuk subfamili, anggrek terdiri dari Apostationoae, Cypripeedioideae, Epidendroeae, Orchidoidea dan Vaniloidea.

Jenis -jenis ini didistribusikan dari daerah lembab tropis ke daerah sirkumpolar. Namun, sebagian besar anggrek ditemukan di daerah tropis. Manggrek yang hidup dalam iklim menjaga hidupnya di tanah dan membentuk umbi sebagai cara beradaptasi dengan musim dingin.

Organ -organnya juga cenderung tebal dan berdaging (succulents) untuk membuatnya tahan terhadap tekanan ketersediaan air. Anggrek epifit dapat hidup dari udara dan embun udara. Jenis anggrek yang diketahui manusia, yaitu anggrek ornamen dan vanilla. Mereka memiliki indah dan berwarna dengan kelopak bunga.

Karakteristik botani

Organ milik anggrek cenderung lezat atau berdaging. Daging tebal terdiri dari kadar air yang tinggi karena banyak yang berkembang dalam bentuk epifit. Dengan beradaptasi seperti itu, anggrek dapat hidup dengan kondisi ketersediaan air yang rendah.

Anggrek mendapatkan air hujan, tetesan, uap air di udara atau embun. Perlu dicatat bahwa anggrek tidak ditemukan di daerah gurun karena akarnya tidak intensif dan tidak tahan terhadap matahari dengan panjang panas.

Anggrek menyukai sinar matahari, tetapi tidak secara langsung sehingga bersifat di alam sebagai tanaman lantai hutan (anggrek tanah) atau di tempat teduh (anggrek epifit). Namun, sebagai tanaman hias, anggrek yang tahan di ruang angkasa.

Berikut adalah karakteristik botani anggrek yang terdiri dari akar, batang, daun dan organ reproduksi seksual.

1. Root

Anggrek memiliki akar berserat dan tidak dalam. Jenis -jenis epifit mengembangkan akar lezat dan melekat pada batang pohon tempat ia tumbuh, tetapi tidak membahayakan pohon inang. Ada juga geofitis yang tumbuh, dengan istilah lain, Terestria berarti tumbuh di tanah dengan akar di tanah. Beberapa adalah saprofit, mendorong daun kering dan kayu yang diubah pada media yang busuk di humus. Di permukaan akar, sering menemukan jamur akar (mycorhiza) yang merupakan simbiotik dengan anggrek

2. batang

Anggrek memiliki batang stagnan. Anggrek yang memiliki habitat di tanah atau anggrek tanah cenderung memiliki batang pendek dan mirip dengan umbi. Sementara itu, anggrek epifit pertumbuhan batang cenderung menebal dan dilindungi oleh lapisan lilin sehingga dapat mencegah penguapan yang berlebihan.

Pertumbuhan batang di anggrek dipengaruhi oleh nama keluarganya. Beberapa anggrek memiliki pertumbuhan batang dengan memanjang / single -tender (monopodial) dan beberapa lainnya berkembang dengan pembesaran / lateral (simpodial).

Anggrek monopodial (satu kaki) hanya memiliki satu batang dan titik pertumbuhan. Ini akan membentuk batang bunga di sisi batang pendek. Anak ayam sulit untuk dikembangkan dalam kondisi sehat, tetapi seorang individu dapat mengungkapkan anak anjing kecil dari tangai bunga. Anggrek jenis ini dapat direproduksi dengan stek batang dan biji. Misalnya, Phalaenopsis dan Vanda.

Anggrek simpodi (beberapa kaki) memiliki lebih dari satu titik pertumbuhan. Tunas baru telah muncul di sekitar batang utama dan menyebar. Bunga dapat muncul di segmen pucuk atau batang. Batang dapat berupa pseudo-tubercules dan mampu menyimpan cadangan makanan sebagai sarana untuk bertahan hidup. Anggrek ini dapat dengan mudah direproduksi oleh pemisahan anak -anak anjing, sehat atau dengan biji. Misalnya, jenis anggrek dendrobium atau cattleya.

3. Daun

Anggrek umumnya memiliki daun oval yang tergeletak dengan tulang daun yang juga memanjang. Karakteristiknya terletak pada jenis lembaran, yaitu monocotyledone. Daun anggrek dapat menebal untuk menyimpan air.

4. Organ Reproduksi Seksual

Anggrek memiliki bunga dengan bentuk khas sehingga menjadi esensi yang membedakannya dari anggota suku lainnya. Anggrek terdiri dari beberapa pengaturan yang muncul dari bunga memanjang bunga dan / atau muncul dari ketiak daun.

Bunga adalah simetri bilateral. Untaian kelopak bunga (terpisah) umumnya berwarna mirip dengan mahkota bunga (kelopak) untuk membentuk semacam "lidah" ​​yang melindungi struktur aksesori yang memakai putik dan benang sari.

Benang benang sari memiliki batang yang sangat pendek dengan serbuk sari cakram kecil (Pollinia) dan dilindungi oleh struktur kecil yang harus dibuka dengan penyerbukan serangga atau menggunakan manusia untuk vanilla dan mengangkut serbuk sari ke mulut putik. Tanpa bantuan organisasi yang diserbuki, penyerbukan tidak akan terjadi.

Sebagian besar anggrek mengalami perlawanan ketika mereka berkembang dari bunga potensial ke bunga. Posisi bunga di roda kemudi adalah 180 ° ketika berkembang ketika masih merupakan kuncup yang menghasilkan lidah asli adalah untaian mahkota di atas berada di bawah. Hanya beberapa jenis, misalnya anggota klan Calopogon, yang tidak merasakan gejala ini.

Anggrek memiliki buah berbentuk kapsul hijau dan jika matang kering dan terbuka. Bijinya sangat kecil dan ringan, sehingga mudah tersapu oleh angin. Biji anggrek tidak memiliki jaringan penyimpanan cadangan makanan, bahkan embrio belum mencapai kedewasaan yang sempurna. Perkecambahan baru terjadi jika benih jatuh pada lingkungan yang tepat dan melanjutkan perkembangannya sampai mereka dimasak.

Jenis anggrek

Sebelum menumbuhkan anggrek, gram harus mengetahui jenis anggrek. Dengan demikian, itu dapat menyiapkan sesuatu jika jenis anggrek yang dipilih membutuhkan perawatan khusus dan menyiapkan media penanaman yang tepat. Berikut adalah jenis anggrek yang dapat dipilih untuk dibudidayakan.

1. Anggrek Lands Lotpion

Scorpion atau anggrek yang juga dikenal sebagai anggrek Ketonggeng memiliki aroma harum seperti Kasturi. Batangnya sangat kuat dan memiliki panjang sekitar 4-1 cm di setiap segmen. Bentuk daunnya rata dan tebal seperti pita.

Tanah Scorpion Aggrek dapat hidup di habitat epifit dan terestrial. Biasanya, ketika tanaman masih muda, hidup dengan menempel pada pohon. Tetapi selama periode pengembangannya, anggrek ini akan meningkatkan akar yang meluas dan memasuki tanah.

2. Anggrek perahu (perahu anggrek)

Anggrek perahu memiliki bunga -bunga kuning yang mencolok dan ramai. Ini termasuk dalam genus Cymbidium yang lebih suka iklim lembab dan segar. Akar dalam bentuk nama panggilan.

Anggrek kapal dapat hidup di tanah biasa, tetapi akan lebih optimal jika dikaitkan dengan lingkungan penanaman lainnya. Seperti kelapa dan serat pakis.

3. Calypso Bulbosa Orchid

Anggrek Calypso Bulbosa termasuk dalam jenis anggrek tanah yang memiliki karakteristik unik. Orang -orang mengenalnya lebih seperti sandal peri anggrek. Daya tarik utama terletak pada daun.

Jenis lembaran anggrek ini lebar dengan bunga ungu atau merah muda kecil. Jenis anggrek ini tumbuh di bawah pohon di hutan yang jarang dipengaruhi oleh makhluk hidup lainnya.

4. Anggrek Bandung Genta

Tanaman yang indah ini adalah hasil dari penyeberangan antara anggrek Vanda Douglas dan Vanda Boingefii. Memiliki ungu yang cemerlang membuatnya semakin menawan. Genta Bandung Orchid adalah salah satu tenis anggrek Vanda yang populer di Indonesia.

5. Vanda Vanda Orchid

Vanda Purple Orchids adalah target kolektor anggrek. Daya tarik utama adalah kuncup bunga yang jauh lebih besar dari jenis anggrek lainnya.

Keuntungan lain terletak pada kemudahan pertumbuhan dan reproduksi. Vanda Purple Orchids dapat berkembang di mana saja untuk memfasilitasi perawatan. Vanda Purple Orchids dapat tumbuh dalam pot, bahkan jika itu dapat berkembang dengan baik dalam botol. Ini juga tumbuh di luar yang tidak memiliki sinar matahari dan lahan basah.

6. Anggrek bulan Kalimantan Kalimantan

Borneo Kalimantan Moon Orchid memiliki nama Latin Phalaenopsis Bellina. Keindahannya memancar melalui bentuk kelopak bunga oval dan lebar. Anggrek Bulan Kalimantan Kalimantan tumbuh banyak di pulau Kalimantan. Jenis anggrek ini hidup di daerah yang teduh, seperti di sepanjang sungai atau lahan basah.

7. Anggrek Baru

Nama lain untuk anggrek kebaruan adalah anggrek mini bulan. Itu karena ukurannya yang lebih kecil. Anggrek ini akan menjadi warna -warna cerah. Aroma yang dimiliki akan harum dan dapat berbunga lebih sering daripada jenis anggrek lainnya.

8. Anggrek Dendrobium Nobile

Anggrek Dandrobium Nobile dapat hidup di negara -negara tropis dan empat musim. Jenis anggrek yang tumbuh dalam empat musim akan berbunga di musim dingin dan musim semi.

Nobile Dendrobium Orchid Habitat hidup dengan menempel pada pohon lain (epifit) dan mengemudi di atas batu (litophytes). Variasi warna terdiri dari kombinasi putih, merah muda dan ungu.

Media Penanaman Anggrek
Lingkungan penanaman berikut disesuaikan dengan budidaya anggrek.

1. Bata bata merah

Batu bata merah cocok untuk menanam media di tanaman anggrek. Sebelum digunakan sebagai lingkungan penanaman, lebih baik fraksi bata merah direndam terlebih dahulu. Air bumbu bata merah dapat dicampur dengan larutan pupuk NPK sehingga tanaman anggrek rajin berbunga.

Pupuk NPK akan diserap oleh fragmen batu bata merah sehingga akar anggrek dapat tetap baik dalam fragmen bata merah.

2. Mos putih

Lingkungan penanaman mos putih sangat baik untuk anggrek, khususnya anggrek bulan. Namun, bagi seseorang yang rajin di anggrek berair, MO putih akan menjadi bencana. Karena, MO putih dapat menyimpan air sehingga jika sering disiram oleh akar anggrek, ia dapat membusuk.

Jadi, jika gram ingin menggunakan mos putih sebagai anggrek dukungan, cukup untuk membilas tanaman hingga dua kali seminggu.

3. Batubara kayu

Batubara kayu adalah salah satu lingkungan penanaman yang sesuai dengan mereka yang rajin di anggrek berair. Namun, bagi mereka yang malas di anggrek akuatik, hindari menggunakan arang sebagai lingkungan perkebunan karena anggrek dapat mati karena kekurangan air. Lingkungan penanaman karbon dapat digunakan untuk anggrek bulan, dendrobium atau anggrek agrek gramatofilum.

4. Serat kelapa

Serat kelapa dapat menjadi pilihan yang baik untuk menanam lingkungan untuk tanaman anggrek, khususnya anggrek dendrobium. Namun, sebelum digunakan, serat kelapa harus dikeringkan di bawah sinar matahari selama seminggu sehingga daya beracun dapat hilang.

5. Pakis Cakis

Batubara kayu juga merupakan lingkungan perkebunan yang cocok untuk mereka yang rajin di anggrek berair. Namun, bagi mereka yang malas di anggrek akuatik, hindari menggunakan arang sebagai lingkungan perkebunan karena anggrek dapat mati karena kekurangan air. Lingkungan penanaman karbon dapat digunakan untuk anggrek bulan, dendrobium atau anggrek agrek gramatofilum.

Persyaratan budidaya anggrek
Berikut adalah persyaratan penanaman anggrek yang harus siap untuk memperhatikan.

Matahari yang memadai.

Curah hujan tinggi atau rendah atau angin tidak memiliki efek signifikan pada pertumbuhan anggrek lahan.

Suhu udara yang efektif untuk pertumbuhan anggrek adalah setidaknya 12,70 ° C. Jika anggrek tanah dibudidayakan di daerah yang memiliki suhu udara di bawah 12,7 ° C, umumnya tidak dapat berkembang secara optimal.
Kelembaban optimal untuk anggrek tanah adalah 65 hingga 70% di siang hari. Namun, anggrek ini juga tidak menyukai atmosfer basah yang terus menerus.


Cara menumbuhkan anggrek

Setelah mengetahui jenis anggrek dan diketahui lingkungan penanaman yang cocok untuk anggrek. Gram harus tahu cara menumbuhkan anggrek sehingga ketika menanam anggrek, kemungkinan keberhasilannya tinggi.

1. Seleksi dan perawatan biji bunga anggrek

Cara pertama untuk menumbuhkan anggrek, anggrek penyortiran harus memenuhi persyaratan benih dan karakteristik benih yang baik memiliki karakteristik: induk memiliki bentuk batang yang besar, pertumbuhan cepat dan cepat, daunnya subur dan bunga padat dan segar.

Penyebaran biji anggrek dapat terjadi secara alami atau dengan bantuan manusia. Penyebaran benih melalui bantuan manusia membutuhkan peralatan steril.

Langkah -langkah berikut dapat mengikuti untuk menyebarkan biji anggrek

Larutkan 50 mL tanaman ornemental spesialis GDM organik cair dalam 2 liter air.
Rendam biji anggrek dalam larutan pupuk organik air spesialis dan ornamen yang telah disiapkan selama 30 menit.
Saring biji dengan kertas saring.
Tambahkan biji yang disaring ke wadah steril.

2. Persiapan Penaburan Anggrek

Cara kedua untuk menumbuhkan anggrek adalah persiapan benih biji anggrek. Langkah -langkah berikut harus mengikuti benih anggrek.

Periksa biji anggrek menggunakan mikroskop. Biji kosong berwarna putih, sedangkan yang mengandung kuning / coklat.
Siapkan botol kaca transparan yang memiliki mulut besar.
Tutup menggunakan kapas yang dibungkus dan melekat pada mulut botol.
Siapkan kabinet kaca (ent-kas) yang disterilkan menggunakan formalin.
Buat media / anggrek dengan resep dari Khudson C (utara) 12 dengan pH 5,2 dan disterilkan dengan autoclave yang terdiri dari 15 hingga 17,5 gram agar, 1000 cc aquadest, MGSO47H2O hingga 0, 25 gram, (NH4) 2SO4 Total total 0,25 gram, Ca (NO3) 2H2O hingga 1,00 gram, FESO4 4H2O hingga 0,25 gram, MNSO4 hingga 0,0075 gram, KH2PO4 hingga 0,25 gram dan sukrosa hingga 20 gram.

3. Proses Pembibitan Anggrek

Cara ketiga budidaya anggrek, proses penyebaran biji anggrek dapat dilakukan dengan menggunakan botol steril. Inilah cara mensterilkan botol untuk perbanyakan biji.

Siapkan botol kaca yang dicuci dengan sabun dan telah mengering.
Panaskan leher botol menggunakan lampu spiritus untuk mensterilkan botol bakteri, jamur, dan virus.
Masukkan biji anggrek ke dalam botol menggunakan pipet yang disterilkan.
Ratakan biji ke seluruh permukaan penyangga yang telah disediakan dalam botol.
Panaskan kembali leher botol dengan lampu spiritus untuk disterilkan.
Tutup botol dengan tutup botol sampai kencang.

4. Buat media penanaman anggrek

Ada berbagai jenis media budaya anggrek terestrial. Gram dapat menggunakan tanah yang dicampur dengan kompos, arang, pupuk kandang, serat serat, batu bata merah pecah, serat kelapa, dll.

Selain menanam anggrek media yang perlu diperhatikan, gram juga harus memperhatikan tingkat keasaman air tanah yang digunakan. Tingkat keasaman air tanah yang direkomendasikan adalah 5.2.

Anggrek penanaman lingkungan dapat menggunakan campuran tanah, fragmen ubin, akar pakis dan GDM bahkan bio-granul organik.

5. Transfer biji anggrek ke pot

Setelah proses penyebaran biji anggrek dan ditanam dalam botol selama 9 hingga 12 bulan, tanaman telah tumbuh dewasa dan besar. Selain itu, benih juga tumbuh dan terlihat besar.

Pada usia ini, biji anggrek dapat dipindahkan ke toples dengan diameter 7 hingga 16 cm. Jangan lupa untuk menyiapkan media penanaman untuk transfer benih.

6. Cara Merawat Anggrek

Anggrek diperlakukan memperhatikan klarifikasi dan penanaman kembali, penyiangan dan irigasi dan penyiraman. Mengencerkan dan menanam kembali dilakukan jika gram menumbuhkan anggrek lebih dari satu pot. Ini dapat dilakukan pada anggrek tanah.

Gulma sangat penting untuk dilakukan. Memang, anggrek tanah membutuhkan jumlah nutrisi yang memadai. Sehingga gangguan gulma tentu dapat mengurangi jatah gizi yang dapat diserap oleh anggrek.

Buat gulma secara teratur. Jika Anda menemukan rumput atau gulma lainnya, Anda segera menarik, agar tidak mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anggrek.

Penyiraman dan penyiraman wajib untuk anggrek. Karena anggrek membutuhkan kelembaban tinggi. Karena itu harus disiram dalam jumlah yang cukup.

7. Cara menyuburkan anggrek terestrial

Anggrek tanah harus didorong secara teratur untuk memberikan nutrisi reguler dan memenuhi kebutuhan mereka sehingga mereka dapat berkembang dan berkembang secara optimal. Meski begitu, anggrek pemupukan tidak dapat dilakukan dengan lalai. Karena anggrek sangat sensitif terhadap kondisi lingkungannya. Oleh karena itu, pemupukan anggrek terbaik adalah dengan menggunakan pupuk organik.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.