Utang Produktif dan Konsumtif Apa Itu?

Utang Produktif dan Konsumtif Apa Itu?

Tidak ada komentar

Utang Produktif dan Konsumtif Apa Itu? : Ketika Anda mendengar kata "hutang", banyak orang segera berpikir negatif. Hutang memiliki konotasi negatif. Banyak orang menghindari masalah utang karena mereka sering menjadi rumit. Ini bisa disebabkan oleh utang yang belum dibayar, atau kepentingan utang yang tiba -tiba membengkak melebihi utang nominal, dll.

Utang Produktif dan Konsumtif Apa Itu?


Faktanya, utangnya tidak selalu buruk. Faktanya, utang dapat menjadi penyelamat dalam keadaan tekanan. Jika digunakan untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek, utang diklasifikasikan sebagai utang Konsumtif. Selain itu, ada hutang yang dapat menghasilkan pendapatan tambahan. Berdasarkan tujuannya, utang terdiri dari 2 jenis, yaitu utang Konsumtif dan utang produktif.


Memahami utang Konsumtif dan utang produktif

Meskipun utang, hutang Konsumtif dan produktif berbeda dalam tujuan dan nilai.

Hutang konsumtif

Hutang Konsumtif adalah utang yang digunakan untuk membeli barang untuk digunakan secara teratur. Nilai utang Konsumtif akan terus berkurang dari waktu ke waktu. Sementara bunga akan terus meningkat. Inilah sebabnya mengapa utang Konsumtif tidak dapat menguntungkan pendapatan.

Jenis hutang yang buruk ini memang paling banyak di masyarakat. Anda bisa melakukannya. Karena tujuan utang biasanya dimulai dari kebutuhan untuk elemen yang diperlukan dan diinginkan. Karena barang yang digunakan cenderung cukup murah, jadi Anda tidak perlu memiliki terlalu banyak.

Contoh utang Konsumtif adalah saat Anda meminjam uang secara online untuk membeli smartphone. Semakin banyak harga smartphone akan turun. Hari ini, Anda membeli Rp. 3 juta, dalam dua bulan, harganya bisa 2,5 juta rupee. Bahkan jika Anda menjualnya, harganya pasti akan lebih murah. Bahkan, nominal yang Anda bayar adalah kemungkinan lebih tinggi karena ada biaya bunga.

Utang produktif

Hutang produktif juga dikenal sebagai pinjaman produktif. Pinjaman produktif adalah pinjaman atau hutang, yang tujuannya adalah untuk membeli sesuatu yang dapat meningkatkan pendapatan di masa depan, karena nilai artikel dapat meningkat sementara beban pembayaran utang semakin turun. Sering disebut hutang yang baik, jenis utang ini cocok untuk keuangan jangka panjang. Karena keunggulan utang yang mungkin Anda rasakan di masa depan.

Contoh pinjaman produktif adalah pinjaman properti (KPR) 500 juta rupee. DPR dapat dikontrak untuk membantu membayar pembayaran bank.

Seiring waktu, harga rumah bisa lebih tinggi. Terutama jika ada pengembangan strategis di wilayah tersebut. Misalnya, pembangunan jalan tol, rumah sakit, sekolah, dll. Harga rumah yang Anda beli sebelumnya dapat melambung. Mungkin 10 tahun kemudian, harga rumahnya pergi ke RP1 miliar.
Tetapi bahkan jika itu tampaknya menguntungkan, Anda harus selalu berhutang budi. Jangan melebihi kapasitas keuangan pribadi. Meskipun menguntungkan dan produktif yang melebihi kapasitas akan menjadi bencana karena terlalu banyak hutang produktif ketika Anda tidak dapat membayar hutang apa pun. Hutang produktif umumnya membutuhkan dana yang cukup besar. Karena harga barang atau aset mahal.

Apakah investasi termasuk utang produktif?

Ketika dilihat dari tujuan mendapatkan keuntungan, investasi dapat dimasukkan dalam utang produktif. Banyak orang dapat berinvestasi dalam tindakan dan sebagainya. Tidak ada larangan investasi dana utang. Hanya itu, bersiaplah untuk memiliki risiko yang lebih besar.

Investasi dalam ekuitas itu sendiri berisiko. Nilainya sulit diprediksi dan naik dan selalu di bawah. Jika Anda menguntungkan, Anda aman. Masalahnya adalah, selama pengalaman kehilangan. Anda harus selalu membayar hutang yang sebelumnya digunakan untuk modal.

Perbedaan antara utang produktif dan konsumtif 

Perbedaan antara utang produktif dan konsumtif diamati dari tujuannya. Namun, detail lebih lanjut, lihat di bawah ini:

1. Digunakan untuk membeli sesuatu yang jangka panjang | Biasa membeli sesuatu yang dalam jangka pendek
2. Dalam bentuk hipotek, pinjaman modal kerja dan pinjaman investasi | Dalam bentuk kredit tanpa garansi, kredit elektronik, furnitur, kendaraan dengan kebutuhan harian
3. Dapat menghasilkan pendapatan tambahan | Tidak menghasilkan pendapatan tambahan
4. Nilai barang atau aset yang dibeli dapat meningkat | Nilai barang atau aset yang dibeli cenderung berkurang
5. Jumlah utangnya cukup penting | Jumlah utang cenderung rendah

Meskipun utang produktif tampaknya menguntungkan, Anda harus bijaksana dan menganggapnya dengan hati -hati. Anda lihat, peningkatan atau peningkatan nilainya selalu spekulatif. Tidak perlu membayarnya jika Anda tidak dapat membayarnya. Meskipun menguntungkan dan produktif yang melampaui kemampuan untuk melahirkan bencana.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.