Kopi Dapat Mengurangi Risiko Kanker Hati

Kopi Dapat Mengurangi Risiko Kanker Hati

Tidak ada komentar

Kopi Dapat Mengurangi Risiko Kanker Hati : 31 Maret 2007, Milan Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari Istituto di Ricerche Farmacologiche Mario Negri (IRFMN) di Milan, Italia menunjukkan bahwa minum kopi dapat membantu mengurangi risiko kanker hati. Dipimpin oleh Francesca Bravi, tim menggabungkan semua data yang dipublikasikan untuk menemukan hubungan antara minum kopi dan karsinoma hepatoselular (HCC). HCC adalah kanker hati primer. Kanker hati adalah penyebab terbesar ketiga kematian akibat kanker di seluruh dunia, tepat di belakang kanker paru-paru dan perut. Setidaknya 11 studi yang dilakukan di Eropa selatan dan Jepang menjadi dasar dari studi IRFMN.



Studi IRFMN adalah meta-analisis dari studi yang dipublikasikan tentang HCC yang mencakup berapa banyak pasien kopi yang dikonsumsi. Para peneliti menggabungkan semua data yang dipublikasikan untuk mendapatkan perkiraan kuantitatif keseluruhan dari hubungan antara konsumsi kopi dan perkembangan kanker hati.

Angka tersebut menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki setidaknya 41 persen pengurangan risiko kanker hati dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah mengonsumsi kopi. Efek menguntungkan dari konsumsi kopi sangat progresif dalam penelitian yang dilakukan di Eropa selatan, banyak minum, dan dari Jepang, di mana minum kopi lebih jarang, dan pada subjek dengan penyakit hati kronis.

Kopi Dapat Mengurangi Risiko Kanker Hati

KUNINGAN EU ORG : Penelitian pada hewan dan laboratorium telah menunjukkan bahwa beberapa senyawa dalam kopi dapat bertindak sebagai agen penghambat yang bekerja dengan bereaksi dengan enzim yang terlibat dalam detoksifikasi karsinogenik. カフェインはコーヒーに含まれる成分で、肝臓酵素やその他の体内酵素に有益な効果を発揮することが示されています. Konsumsi kopi juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit hati dan sirosis, yang keduanya dapat menyebabkan kanker hati.

Studi terpisah juga menunjukkan bahwa kafein dapat memperburuk gejala menopause atau mengintensifkan efek antibiotik tertentu. Di sisi lain, konsumsi kafein berat dapat menyebabkan keguguran. Penelitian pada hewan lain menunjukkan bahwa krim kulit yang ditambahkan dengan kafein dapat menurunkan risiko kanker kulit pada tikus.

Sementara penelitian menemukan hubungan yang signifikan secara statistik antara minum kopi dan memiliki lebih sedikit kanker hati, penulis mencatat bahwa hal itu perlu diulang pada kelompok lain. Para penulis mencatat bahwa terlepas dari konsistensi hasil penelitian, sulit untuk mendapatkan kolaborasi kausal berdasarkan studi observasional saja. Bisa jadi penderita penyakit saluran pencernaan, termasuk gangguan hati, secara alami mengurangi konsumsi kopinya, meski menghindari kopi tidak dianjurkan secara rutin.

Sementara penelitian menemukan hubungan yang signifikan secara statistik antara minum kopi dan memiliki lebih sedikit kanker hati, penulis mencatat bahwa hal itu perlu diulang pada kelompok lain agar lebih konkret.

Para peneliti IRFMN mencatat bahwa persepsi konsumsi kopi hanya didasarkan pada laporan pasien, meskipun ingatan tentang minum kopi telah terbukti akurat. Faktor-faktor seperti hepatitis B dan C, sirosis, indikator kelas sosial, penggunaan alkohol, dan merokok menunjukkan bahwa faktor-faktor ini tidak mempengaruhi hasil penelitian.

Hasil dari penelitian ini dapat memberikan beberapa bukti hubungan antara konsumsi kopi dan kanker hati. Namun, interpretasi penelitian ini masih belum jelas karena kurangnya evaluasi jangka panjang dari hasil penelitian tersebut.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.