Monyet Colobus Angola

Monyet Colobus Angola

Tidak ada komentar


Monyet Colobus Angola : Monyet berpola mencolok ini memiliki ekor yang sangat panjang yang membantu mereka menyeimbangkan saat mereka bergerak cepat melalui pepohonan. Mereka makan terutama pada daun di berbagai jenis hutan dan hidup dalam kelompok sosial yang terdiri dari satu jantan dominan dan banyak betina.

NAMA ILMIAH:Colobus Angola
MAKANAN:Herbivora
JANGKAUAN:Afrika Tengah
HABITAT:Hutan, Hutan Hujan, Lahan Belukar
MELIHAT PETUNJUK:
Monyet-monyet ini sangat aktif dan mudah diamati di habitat primata spesies campuran di dekat The Living Treehouse. Namun, pada hari yang lebih dingin, mereka umumnya memilih untuk menghabiskan waktu di area dalam ruangan yang dipanaskan.

Monyet Colobus adalah diurnal dan hidup dalam pasukan hingga 25 individu dengan satu jantan dominan, dua hingga enam betina, dan keturunannya. Pertemuan sementara lebih dari 300 colobus telah diamati. Predator umum termasuk elang, macan tutul dan manusia. Ketika sebuah kelompok sosial terancam, pejantan akan melompat dan mengaum sampai pasukan lainnya melarikan diri. Laki-laki dominan dari pasukan tetangga memiliki sesi auman pagi untuk menetapkan batas antara wilayah jelajah inti yang kecil. Nama "colobus" berarti "pendek" atau "tidak lengkap" dan mengacu pada jempol spesies yang kurang berkembang. Hewan-hewan itu dianggap suci di Afrika Barat, mungkin karena sifatnya yang pemalu dan suka menyendiri.

CIRI DAN CIRI FISIK:
Monyet Colobus memiliki mantel hitam mengkilap dengan bulu mantel putih panjang, kumis putih dan janggut putih di sekitar wajah mereka. Ekornya berwarna putih dan lebat di ujungnya. Bayi lahir putih solid dan mulai mengembangkan warna hitam terlihat pada orang dewasa ketika mereka berusia sekitar 3 bulan.

Monyet ini bisa mencapai panjang 30 inci, tidak termasuk ekornya, yang panjangnya bisa mencapai 35 inci. Beratnya antara 15 dan 30 pon, dan jantan lebih besar dari betina. Tidak seperti monyet Dunia Lama lainnya, monyet colobus tidak memiliki kantong pipi untuk penyimpanan makanan.

GAYA HIDUP DAN REPRODUKSI:
Angola colobus adalah monyet poligini dan mencapai kematangan reproduksi antara usia 3 dan 5 tahun. Betina akan berkembang biak dengan pejantan dominan dalam kelompok sosialnya.

Tidak ada musim kawin yang berbeda untuk spesies ini, dan masa kehamilan berlangsung selama lima hingga tujuh bulan. Betina biasanya melahirkan satu, tetapi kadang-kadang dua, keturunan. Seorang wanita hamil, ditemani oleh seorang pria, akan menarik diri dari pasukan untuk melahirkan dan kembali keesokan harinya dengan bayi menempel di bawahnya. Dia akan membawa keturunannya dengan cara ini selama sekitar delapan bulan. Anak-anak diasuh tidak hanya oleh ibu mereka, tetapi juga oleh anggota kelompok sosial lainnya dan kemudian disapih pada usia sekitar 15 bulan.

Laki-laki remaja dipaksa untuk meninggalkan kelompok sebelum mencapai kedewasaan tetapi mungkin mencoba untuk mengambil tempat laki-laki yang dominan dengan menantangnya.

Monyet-monyet ini sangat aktif dan mudah diamati di habitat primata spesies campuran di dekat The Living Treehouse. Namun, pada hari yang lebih dingin, mereka umumnya memilih untuk menghabiskan waktu di area dalam ruangan yang dipanaskan.

JANGKAUAN:
Monyet colobus ini tersebar luas di Afrika Tengah, dari Gabon dan Kamerun di Barat, hingga Ethiopia di Timur, dan ke selatan hingga Tanzania.

HABITAT:
Monyet ini ditemukan di berbagai habitat, termasuk hutan hujan dataran rendah, pegunungan dataran tinggi dan hutan bambu, dan kadang-kadang di sabana dan lahan rawa.

MAKANAN:
Di alam liar, monyet-monyet ini makan terutama daun tetapi juga akan memakan buah-buahan dan bunga jika tersedia. Di Kebun Binatang, kami menawarkan sayuran, selada, telusuri (stek dari tanaman yang dapat dimakan di seluruh Kebun Binatang), dan makanan pemakan daun yang bergizi seimbang.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.