Gajah Afrika

Gajah Afrika

Tidak ada komentar


Gajah Afrika : Ini adalah salah satu hewan paling khas di planet ini. Gajah Afrika adalah yang terbesar dari tiga spesies gajah. Gajah memiliki banyak karakteristik unik, dan rahasia dari beberapa adaptasi mereka masih ditemukan hingga hari ini. Gajah hidup lama dan kehidupan yang sangat sosial berpusat di sekitar ibu pemimpin dan keturunannya. Pembunuhan ilegal gajah untuk diambil gadingnya merupakan ancaman serius dan mendesak bagi masa depan spesies ini.
Merupakan ancaman serius dan mendesak bagi masa depan spesies ini.

NAMA ILMIAH: Loxodonta africana
MAKANAN: Herbivora
JANGKAUAN: Afrika Timur, Afrika Tengah, Afrika Barat [LIHAT PETA]
HABITAT: Gurun, Hutan, Padang Rumput, Hutan
MELIHAT PETUNJUK:
Sekarang menjelajahi lingkungan luar ruangan baru mereka di Savanna Afrika yang serba baru . Lihat di balik layar perawatan gajah di area observasi khusus  di Zambezi Elephant Center dalam ruangan yang baru.

KUNINGAN EU ORGGajah Afrika adalah satu dari hanya tiga spesies mamalia Ordo Proboscidea, ordo yang selamat dari kepunahan era Pleistosen. Batangnya bertindak sebagai pelengkap kelima tidak seperti apa pun di antara vertebrata dan memiliki kekuatan dan kemahiran yang luar biasa. Gajah hidup dalam kelompok keluarga yang dipimpin oleh seorang ibu pemimpin perempuan yang menghabiskan waktu puluhan tahun untuk memberikan pengetahuan tentang wilayah mereka dan seluk-beluk norma sosial gajah kepada anggota kawanan lainnya. Kelompok-kelompok keluarga ini berkomunikasi satu sama lain dalam jarak jauh dengan suara berfrekuensi rendah yang dibawa melalui tanah dan dideteksi oleh kaki depan. Gajah melakukan perjalanan jarak jauh mencari makanan dan air dan mengikuti pola hujan musiman. Makanan mereka umumnya terdiri dari vegetasi berkayu dan rerumputan yang relatif rendah kalori dan nutrisi. Hasil dari, asupan makanan harian mereka bisa ratusan kilogram per hari. Gading mereka adalah alat kerja untuk memanipulasi lingkungan mereka, tetapi juga merupakan komoditas manusia yang sangat berharga untuk perdagangan gading ilegal. 

Habitat baru di Sabana Afrika yang baru
Sabana Afrika yang baru , yang dibuka pada Agustus 2019, memperkenalkan habitat gajah Afrika yang baru dan diperluas secara signifikan. Lingkungan gajah baru lebih dari tiga kali lipat ukuran habitat gajah sebelumnya dan merupakan ruang hidup dinamis yang menampilkan elemen yang dirancang khusus untuk kesejahteraan dan pengayaan gajah. Elemen termasuk Abana Pond, yang terbesar dari tiga fitur air kompleks, kolam dengan akses 360 derajat dan kemiringan yang landai untuk kemudahan penggunaan oleh banyak gajah. Fitur tambahan termasuk Air Terjun Chishimba dan Air Terjun Kalambo, air terjun yang dinamai berdasarkan air terjun di Afrika, dan dinding aktivitas pengayaan pengumpan.

Pusat Gajah Zambezi dalam ruangan yang canggih juga mencakup elemen-elemen yang direncanakan dengan mempertimbangkan kesejahteraan gajah, termasuk pasir di bawah kaki gajah. Pengalaman tamu di Pusat Gajah Zambezi memungkinkan pengunjung untuk melihat di balik layar perawatan gajah.

CIRI DAN CIRI FISIK:
Gajah Afrika jantan bisa mencapai 14.000 pon dan tingginya 13 kaki. Betina sedikit lebih kecil, mencapai 10.000 pon dan tingginya 10 kaki. Telinga yang khas memiliki beberapa fungsi, termasuk fungsinya yang paling jelas – membentuk permukaan besar untuk mencegat suara yang jauh atau samar. Ini adalah konsep yang sama dengan piringan radar: semakin besar piringan, semakin banyak gelombang suara yang dapat dicegat. Telinga juga banyak mengandung pembuluh darah yang membantu mengatur suhu tubuh gajah dalam kondisi panas. Telinga juga berfungsi sebagai sinyal visual untuk gajah lain.

Deteksi Suara
Gajah dapat mendeteksi suara dari jarak yang sangat jauh, mendeteksi suara ini dengan kaki depannya. Mereka memiliki bantalan lemak besar di bagian bawah kaki depan mereka, menempatkan kaki mereka dalam kontak yang kuat dengan tanah. Pada waktu tertentu, seekor gajah mungkin merasakan suara berfrekuensi rendah yang mengudara atau terbawa dalam jiwa. Vokalisasi gajah juga mencakup frekuensi yang sangat rendah, dan seperti paus yang berkomunikasi di laut, dapat berkomunikasi melintasi jarak bermil-mil.

Batang Belalai
gajah mengandung ribuan otot, banyak di antaranya menempel pada kulit belalai. Serangkaian otot panjang berjalan di sepanjang batang untuk menaikkan, menurunkan, atau memindahkannya dari sisi ke sisi. Otot lain yang lebih pendek tegak lurus dengan panjang batang, sementara yang lain dibungkus seperti tiang tukang cukur di sepanjang batang, menghasilkan kemampuan memutar batang yang unik. Berkat sistem otot ini, belalai gajah tidak hanya sangat kuat, tetapi juga cukup halus untuk memanipulasi dan mengambil benda yang sangat kecil.

Lubang hidung di ujung belalai gajah mampu menyedot cukup kuat untuk menarik sekitar 1,5 galon air, meskipun gajah tidak bisa minum melalui belalainya. Sebaliknya, mereka mengambil air dengan belalai mereka, menyemprotkannya ke mulut mereka, dan menelannya.

Indera Penciuman
Dalam hal indra penciuman mereka, gajah tampaknya lebih unggul dari banyak hewan lainnya. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa gajah Afrika memiliki lebih dari 2.000 gen yang didedikasikan untuk membedakan aroma – dua kali lebih banyak dari yang dimiliki anjing, dan lebih dari lima kali yang dimiliki manusia.

Gading dan Gigi
Gading gajah sebenarnya adalah dua dari gigi tengah atas. Gajah muda memiliki gading sementara, seperti gigi susu manusia, yang rontok pada usia sekitar 3 tahun dan digantikan oleh gading dewasa. Gading tumbuh sepanjang kehidupan gajah dewasa untuk melawan keausan pengalaman alat ini.

Satu-satunya gigi gajah lainnya adalah empat geraham besarnya, yang juga mengalami keausan berat saat hewan itu mengunyah tanaman kayu dan rerumputan yang kasar. Ini didorong ke depan saat mereka aus dan digantikan oleh satu set geraham baru yang berkembang di belakangnya. Ini bisa terjadi sebanyak enam kali dalam kehidupan gajah. Catatan fosil berisi banyak geraham yang dibuang ini dari seluruh benua tempat kerabat gajah yang sudah punah, seperti mastodon, pernah berkeliaran.

GAYA HIDUP DAN REPRODUKSI:
Gajah Afrika hidup lebih lama daripada mamalia darat non-manusia lainnya, dengan rentang hidup 50 hingga 55 tahun. Betina dapat mulai bereproduksi pada usia remaja dan dalam beberapa kasus dapat terus bereproduksi hingga usia 40-an. Jantan biasanya tidak berkembang biak sebelum mereka berusia awal 20-an atau bahkan 30-an, karena persaingan untuk kawin bisa jadi sulit.

Masa kehamilan juga merupakan yang terpanjang dari mamalia darat non-manusia, yaitu sekitar 22 bulan. Setelah sekitar dua tahun, seekor anak sapi lahir, dengan berat antara 200 dan 250 pon. Kelahiran kembar sangat jarang terjadi pada gajah Afrika. Di alam liar, perkawinan berlangsung selama musim hujan sehingga keturunannya lahir tepat sebelum hujan dua tahun, kemudian memungkinkan sumber daya yang melimpah untuk mendukung ibu menyusui. Bayi gajah akan menyusu selama enam hingga 18 bulan, tetapi beberapa anak gajah mungkin mencoba menyusui selama lebih dari lima tahun.

Belalai gajah yang baru lahir tidak memiliki otot, jadi gajah yang baru lahir akan menyusu dengan mulutnya, bukan belalainya. Dibutuhkan beberapa bulan hingga satu tahun bagi anak sapi untuk mendapatkan kendali penuh atas belalainya dan dapat menggunakannya dengan sengaja. Gajah jantan akan meninggalkan kelompok kelahirannya saat mereka mendekati kematangan seksual dan mungkin menjadi bagian dari kawanan jantan yang lebih cair.

Perilaku Sosial dan Kecerdasan
Keluarga gajah, atau kawanan, terdiri dari beberapa hingga lebih dari 100 individu, beberapa terkait secara biologis dan beberapa tidak. Kawanan dipimpin oleh betina tertua, yang disebut matriark. Laki-laki biasanya meninggalkan kawanan antara usia 12-15 di mana mereka sering membentuk kelompok bujangan kecil dengan laki-laki lain.

Gajah Afrika sangat cerdas dan telah menunjukkan kemampuan memori tingkat lanjut. Memori inilah yang membantu ibu pemimpin dalam menemukan makanan dan air setiap musim, terutama selama musim kemarau ketika kawanan mungkin perlu digiring untuk jarak yang lebih jauh untuk menemukan sumber daya yang melimpah. Dengan tantangan konservasi tambahan berupa hilangnya habitat dan fragmentasi, perburuan, dan perubahan iklim, air dan makanan lebih sulit ditemukan dan membutuhkan ingatan tentang lubang air dari masa lalu. Ketika ibu pemimpin diburu, menjadi tanggung jawab yang tertua berikutnya untuk memimpin kelompok, dan betina yang lebih muda ini mungkin tidak memiliki ingatan yang cukup tua untuk menemukan sumber daya penting untuk kelangsungan hidup kelompok. Selain kapasitas kognitif untuk memori yang luas, gajah juga menunjukkan perilaku berduka atau berkabung, marah, dan bermain.

JANGKAUAN:
Gajah Afrika pernah tersebar di sebagian besar sub-Sahara Afrika. Perkembangan manusia dan ukuran populasi pada abad terakhir sekarang telah membatasi gajah pada populasi yang terisolasi secara sosial dan genetik di cagar alam dan taman nasional, dan sekarang mereka telah punah di beberapa negara di mana mereka dulunya umum.

HABITAT:
Di Afrika sub-Sahara, gajah-gajah ini menggunakan berbagai sabana kering musiman dan hutan yang jarang. Mereka dapat ditemukan di habitat semak duri yang relatif padat dan bahkan di gurun, tetapi spesies ini tidak ditemukan di hutan hujan. Migrasi musiman ke padang rumput dan delta yang tergenang selama musim hujan merupakan bagian penting dari siklus tahunan beberapa populasi.

MAKANAN :
Gajah adalah herbivora yang tidak memamah biak. Tidak seperti hewan ruminansia seperti sapi yang memiliki beberapa fase pencernaan, gajah memproses makanannya hanya dalam sekali jalan, artinya mereka harus mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak. Seekor gajah Afrika dapat makan 200 sampai 300 pon makanan sehari, sebagian besar dalam bentuk rumput yang dilengkapi dengan kulit kayu, daun, ranting, akar dan beberapa buah, biji dan bunga. Gajah juga dapat minum 20 hingga 30 galon air sehari.

Di Kebun Binatang Atlanta, gajah diberi makan jerami, biji-bijian, dan jelajah yang dipangkas dari berbagai pohon dan semak tidak beracun di sekitar Kebun Binatang. Mereka juga menerima suguhan buah dan sayuran seperti apel, wortel, ubi jalar, dan selada romaine.

KONSERVASI:
Eskalasi baru-baru ini dari sindikat kejahatan terorganisir berskala besar yang memburu gajah untuk diambil gadingnya mengubah dinamika lanskap di Afrika, secara tiba-tiba dan secara dramatis memperkenalkan kemungkinan dunia tanpa gajah Afrika. Perdagangan ilegal ini berfungsi dalam skala global, dan AS tetap menjadi salah satu pengimpor gading terbesar di dunia.

Banyak populasi gajah juga ada di dekat populasi manusia yang bergantung pada pertanian dan sumber daya alam untuk mata pencaharian mereka, membuat konflik manusia-hewan menjadi ancaman besar lainnya bagi gajah ketika hewan dianiaya oleh manusia karena mengeksploitasi tanaman.

Pada tahun 2018, Zoo Atlanta mengumumkan kemitraan dengan Conservation South Luangwa, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Zambia, untuk melindungi gajah Afrika dan satwa liar lainnya yang terkena dampak perdagangan satwa liar ilegal dan konflik manusia-satwa liar. Konservasi Luangwa Selatan bekerja untuk mengidentifikasi dan mencegah perdagangan satwa liar ilegal menggunakan patroli anti-perburuan, pengawasan udara dan anjing pendeteksi yang dilatih untuk menemukan gading, kulit binatang, amunisi dan senjata api, dan spesies tertentu yang dibunuh untuk diambil dagingnya. Lebih dari separuh orang yang mendiami wilayah Zambia ini mencari nafkah dari pertanian dan sumber daya alam, membuat konflik manusia-hewan menjadi ancaman besar bagi gajah Afrika dan satwa liar lainnya ketika hewan dianiaya oleh manusia karena mengeksploitasi tanaman.

Zoo Atlanta juga merupakan mitra bangga kampanye 96 Gajah dari Wildlife Conservation Society dan telah mendukung Elephants for Africa melalui program Quarters for Conservation.

UPAYA KONSERVASI KEBUN BINATANG ATLANTA:
Zoo Atlanta juga merupakan bagian dari Association of Zoos and Aquariums' (AZA) Elephant Species Survival Plan® (SSP), yang berupaya mempertahankan populasi gajah yang mandiri dan beragam secara genetik di dalam kebun binatang Amerika Utara yang terakreditasi.


Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.