SINGA AFRIKA | AFRICAN LION

SINGA AFRIKA | AFRICAN LION

Tidak ada komentar


SINGA AFRIKA | AFRICAN LION  : Singa Afrika unik di antara kucing karena mereka hidup dalam kelompok sosial yang disebut kebanggaan. Kebanggaan berburu bersama untuk menjatuhkan mangsa berukuran sedang hingga besar, yang dibagikan kepada semua anggota kelompok sesuai dengan aturan sosial yang ketat.

NAMA ILMIAH : Panthera leo
DIET MAKANAN : Karnivora
JANGKAUAN:Afrika Timur, Afrika Tengah, Afrika Selatan, Afrika Barat
HABITAT:Hutan, Padang Rumput
MELIHAT PETUNJUK :
Singa-singa di Kebun Binatang Atlanta biasanya terlihat sepanjang tahun, kecuali selama hari-hari terdingin atau paling hujan, ketika mereka dapat memilih untuk menghabiskan waktu di area malam dalam ruangan mereka.

KUNINGAN EU ORG : Singa memangsa sebagian besar hewan penggembalaan atau penjelajahan seperti zebra, berbagai spesies antelop atau bahkan rusa kutub. Seluruh hewan dikonsumsi kecuali tulang terbesar. Seperti semua kucing, singa memiliki lidah khusus dengan struktur tajam dan serak yang disebut papila. Ini digunakan untuk membersihkan potongan daging dari tulang, serta untuk perawatan. Singa adalah karnivora yang ketat; namun, diet stabil daging murni bukanlah diet seimbang. Singa menerima nutrisi tambahan dengan memakan organ, seperti hati dan ginjal, dan tulang yang lebih kecil, serta dengan memakan saluran pencernaan mangsanya.

CIRI DAN CIRI FISIK:
Singa adalah kucing besar dengan bulu pendek berwarna cokelat keemasan. Ekor panjang mereka biasanya memiliki seberkas rambut hitam di ujungnya. Bobot mereka berkisar dari sekitar 250 pon untuk wanita hingga sekitar 450 pon untuk pria. Panjangnya berkisar dari 5 hingga 7 kaki, dengan tambahan 2 hingga 3 kaki ekor.

Rahangnya sangat kuat, dengan gigi seri yang kuat untuk mempertahankan cengkeraman pada mangsa yang berjuang yang mungkin lebih besar dari singa itu sendiri. Gigi belakang sedikit jumlahnya dan memiliki struktur khusus, yang disebut gigi carnassial, yang bekerja seperti gunting untuk mengiris otot yang keras, kulit atau jaringan ikat.

Singa Afrika dapat berlari hingga 37 mil per jam dan dapat mengatasi mangsa yang jauh melebihi mereka. Singa dimorfik secara seksual. Selain perbedaan berat antara jantan dan betina, jantan memiliki surai yang besar. Surai mulai tumbuh ketika jantan muda berusia sekitar satu tahun dan tumbuh lebih tebal, lebih panjang, dan lebih gelap saat jantan dewasa. Laki-laki umumnya memiliki surai penuh pada usia 4 sampai 6 tahun. Selain berfungsi sebagai sinyal visual kepada singa lain tentang status fisik jantan, surai tebal di sekitar tenggorokan juga melindungi jantan dari gigitan jantan saingan selama pertempuran jantan-jantan untuk memperebutkan wilayah atau pasangan.

GAYA HIDUP DAN REPRODUKSI:
Singa adalah satu-satunya kucing yang benar-benar sosial. Mereka hidup dalam kelompok yang disebut kebanggaan yang rata-rata terdiri dari enam sampai tujuh individu. Kebanggaan terbesar yang diamati terdiri dari hingga 40 individu. Semua wanita dalam kebanggaan biasanya terkait, dan orang luar dari kedua jenis kelamin tidak ditoleransi.

Auman singa dapat didengar dari jarak hingga 5 mil dan digunakan untuk mengkomunikasikan kepemilikan wilayah, agresi, atau informasi lain kepada anggota kebanggaan dan singa luar.

Karena singa membunuh hanya ketika mereka lapar, hewan mangsa potensial memiliki kemampuan untuk menilai perilaku singa kebanggaan dan akan mendekati mereka dalam jarak yang relatif dekat ketika mereka merasa bahwa mereka tidak dalam mode berburu. Berburu adalah acara terorganisir yang dilakukan oleh betina kebanggaan, biasanya dalam semalam. Selama musim kemarau, singa sering berbaring di dekat lubang air, menunggu mangsa datang untuk minum. Meskipun betina yang berburu, jantan yang dominan adalah yang pertama makan. Singa jantan juga akan berburu sesekali. Singa biasanya hanya berhasil dalam 25% dari percobaan perburuan mereka.

Laki-laki menghabiskan sebagian besar hidup mereka tanpa kebanggaan, jadi mereka harus menjadi pemburu yang efektif sendiri. Adalah umum bagi laki-laki muda dan asing untuk mengganggu harga diri dan berkelahi dengan laki-laki dominan untuk mendapatkan hak atas harga dirinya. Akibatnya, laki-laki hanya dominan atas kebanggaan selama kira-kira dua sampai tiga tahun. Jantan pengganggu akan membunuh semua anak yang ada di dalam kandang sehingga betina akan berahi lagi, biasanya dalam waktu dua sampai tiga minggu, untuk melahirkan anak-anaknya. Laki-laki dari sampah yang sama sering tinggal bersama dan akan mengambil alih kebanggaan bersama. Akibatnya, sering kali ada lebih dari satu pria dewasa dalam satu kebanggaan. Salah satu pejantan ini mungkin dominan terhadap saudara laki-lakinya, tetapi saudara laki-lakinya juga memiliki kesempatan untuk berkembang biak karena betina dalam satu kebanggaan sering bersepeda pada waktu yang sama.

Laki-laki yang sebelumnya dominan yang dikeluarkan dari kebanggaan oleh pendatang baru biasanya menyendiri atau akan membentuk kelompok bujangan yang sudah tua. Seringkali laki-laki yang lebih tua inilah yang terlibat dalam insiden konflik manusia-singa. Tanpa keuntungan dari kebanggaan, singa yang menua akan sering mencari mangsa yang lebih mudah seperti ternak domestik.

Singa dewasa secara seksual pada usia 2 tahun, tetapi jantan mungkin tidak memiliki kesempatan untuk kawin sampai mereka mendekati usia 5 tahun. Mereka berpoligami, dengan pejantan dominan berkembang biak dengan banyak betina dalam kelompok. Tidak ada musim kawin khusus, dan anaknya diproduksi kira-kira setiap dua tahun. Kehamilan rata-rata adalah antara tiga dan empat bulan, dan ukuran sampah biasanya berkisar antara satu hingga empat anak.

Betina dalam satu kebanggaan sering melahirkan sekitar waktu yang sama, dan keturunannya dibesarkan di crèches dengan betina membantu membesarkan beberapa tandu bersama-sama. Cubs menunjukkan bintik-bintik gelap pada mantel mereka selama beberapa bulan pertama mereka. Anak-anak disapih pada usia sekitar 8 bulan tetapi akan tinggal bersama ibu mereka selama sekitar dua tahun.

Singa-singa di Kebun Binatang Atlanta biasanya terlihat sepanjang tahun, kecuali selama hari-hari terdingin atau paling hujan, ketika mereka dapat memilih untuk menghabiskan waktu di area malam dalam ruangan mereka.

JANGKAUAN:
Afrika Sub-Sahara (Kenya, Tanzania, dan Uganda), terutama di taman nasional dan cagar ekosistem Serengeti-Mara.

HABITAT:
Singa Afrika hidup di sistem hutan sabana dan terkadang di gurun.

DIET MAKANAN:
Di alam liar, singa memangsa berbagai spesies berkuku seperti zebra atau antelop. Kebutuhan berburu singa berbeda-beda tergantung kebutuhan angkuh dan ukuran mangsa yang mampu mereka bunuh. Jika suatu kebanggaan mampu berburu mangsa besar, mereka mungkin tidak makan setiap hari. Seekor singa jantan bisa makan hingga seperempat dari berat badannya dalam sekali duduk. Bekerja sama, suatu kebanggaan bisa mampu menjatuhkan seekor jerapah atau gajah yang lebih kecil atau lemah, tetapi ini tidak umum. Hewan yang lebih kecil seperti kelinci juga dimakan.

Di Kebun Binatang, singa ditawari makanan yang disiapkan secara khusus yang terbuat dari seluruh bangkai sapi. Sekali seminggu, singa menerima tulang buku jari, yang membantu membersihkan gigi mereka dan memberikan pengayaan.

PENYUBURAN:
Kucing pada umumnya tampaknya senang memukul benda dengan cakarnya dan mengunyahnya. Singa tidak terkecuali, tetapi item pengayaan mereka harus sangat kokoh untuk menahan kekuatan cakar dan rahang yang luar biasa. Di Zoo Atlanta, singa ditawari barang-barang besar seperti bola plastik keras dan tong kosong. Karena aroma baru sangat menarik bagi mereka, singa juga ditawari berbagai minyak wangi dan ekstrak untuk pengayaan.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.